Minggu, 05 April 2015

Operasi Plastik

 Pernah liat di internet kan soal orang-orang Korea yang operasi plastik? Beberapa emang menurut gua jadi cakep banget dari yang dalam kadar “biasa aja” atau “jelek” sekalipun. Katanya sih disana dilegalkan dan didukung pemerintah demi dunia entertainment mereka. Secara logika sih masuk akal aja, dan cara ini cukup jenius menurut gua. Karena menguasai dunia lewat media adalah hal yang tepat.
 Kenapa? Karena orang percaya media dan media mengkontrol apa yang harus ditampilkan mereka. Hasilnya? Drama korea laku dimana-mana, grup musik korea mulai masuk dalam strata intertional, fashion mereka juga jadi sorotan. Semua itu bermula dari mana? Tampang.


 Gua cukup bersyukur lahir dengan tampang yang lumayan. Ya setidaknya menurut gua lulus KKM lah. Jadi inget, waktu SD gua pernah berpikir gimana ya rasanya jadi orang paling ganteng atau paling cantik. Gua nggak melakukan observasi waktu itu cuma masih bertanya-tanya sambil melihat dua teman yang dianggap paling oke di angkatan gua. Satu cowok dan satu cewek.

 Mungkin awalnya adanya operasi plastik dengan tujuan memperindah dari buruknya muka berawal dari pemikiran seperti gua kali ya? Mungkin orang yang kurang cakep bertanya-tanya gimana rasanya jadi cakep
.
 Nggak bisa disalahin juga, karena most of the people  menilai orang dari tampang nya terlebih dulu. Ya termasuk gua. Apalagi kalo masuk dalam permasalahan nyari pasangan. Banyak orang yang bilang, “ah pacarannya nanti aja dulu.” Tapi menurut gua di hati kecil setiap jomblo yang ngomong kayak gitu pasti sebenernya mau pacaran (curhat pak?)  Tapi ya karena ngerasa atau pernah dibilang orang lain jelek jadi nggak pede.

 Suka ada bercandaan Cakep itu relatif, tapi jelek itu mutlak.

Nggak bener sepenuhnya juga sih, mutlaknya kategori jelek itu ada di suatu komunitas. Ya sama aja kayak values. Buat orang-orang yang memegang prinsip harus disiplin dan rapih akan mengira anak-anak punk yang kumel adalah masalah sosial yang harus ditangani. Sebaliknya, anak-anak punk itu berpikir “apa nggak gerah ya pake baju berkerah, jas dan taat pada aturan?”

Ya kalo masalah cakep atau jelek juga sama. Jelek di Amerika belum tentu jelek di Indonesia. Banyak kan pribumi yang jatuh cinta mati-matian sama bule yang tinggal disini? Padahal di Negara asalnya wajah kayak dia udah hampir masuk fakir asmara.

 Balik lagi, karena ada media yang mengkontrol apa cakep secara umum dan apa jelek secara umum, jatuh lah pangsa pasar karena tampang. Jadi inget, gua pernah menonton beberapa film drama yang ada dialog atau momen “dia cantik sekali.” Dan gua mikir? Apa iya segitu cakep banget? Ingat ada teori relatifitas.

Kenapa gua bahas ini? Ya karena pertanyaan gua waktu SD itu.

Setelah beberapa observasi asal-asalan gua menemukan hasil asal-asalan. Gimana rasanya jadi cakep? Mungkin kalo jelek bebannya itu sering ditolak, diledekin teman, nggak lulus interview kerja. Kalo cakep juga ada masalah, menurut gua diincer banyak orang kadang juga jadi beban kecuali lo attention whore yang emang tujuannya eksis dimana-mana tanpa alasan yang jelas. Trus apalagi ya? Ohya harus menolak orang. Ya belum tentu gampang sih bilang “kita temenan aja ya?” sama menjadi atensi setiap orang kadang juga kurang nyaman. Sama aja kayak artis, mau ngapa-ngapain aja diperhatiin.

Walau kadang orang cakep itu punya keuntungan kalo dia agak aneh. Karena gini, orang akan menggangap cakep itu sebagai exception. Contoh : “Ih dia aneh deh kemaren gelantungan nggak jelas di tiang basket. Tapi cakep sih.” Beda sama orang jelek. “Udah jelek, gelantungan di tiang basket lagi.”

Perih emang.

Sempet kepikir mau operasi plastik.

Nggak ah,

Takut.


Dosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar